SIKLUS HIDUP, KONDISI, KOMPOSISI, MUSIK, KOMPONIS, DAN MANFAAT

Masa kehamilan 1-3 Bulan Normal
Cassation
W.A. Mozart

Bisa membuat ibu hamil relaks, tenang, dan stresnya hilang. Ibu bisa mengatasi aneka gangguan saat hamil seperti mual-mual, hingga membuat ibu stres. Dengan musik ini bisa membuat ibu menjalani kehamilannya dengan aman dan tenang. Indra pendengaran bayi usia ini belum berfungsi.

Prelude to Rosamunde Franz Schubert Idem Stres La Mer Claude Debussy Dampak buat ibu, menenangkan pikiran, meredakan ketegangan-ketegangan otot dan tubuh. Jika ibu diterapi secara rutin dan teratur stresnya lambat laun akan hilang.
Symphoni No. 4 Felix Mandelsohn Idem

Janin usia 3-6 Bulan Normal
Konser piano C Mayor KV 467: Andante
Konser PIano No. 21
Konser Seruling G. Dur.KV.313 Allegro;Andante;Rondo
Kuartet Seruling No. 1, 2, 3, & 4 KV 285 W.A.
Mozart Musik Mozart yang ringan, aktif dan segar merupakan camilan sehat buat si janin. Irama, melodi dan frekuensi-frekuensi tinggi pada musik Mozart merangsang dan memberi daya kepada daerah-daerah kreatif dan motivatif otak anak. Nantinya, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif. Ia mampu menciptakan ide-ide dan inovasi baru.

Janin usia 6-9 Bulan Normal

Idem dengan No. 2
Twinkle-twinkle Little Star
Baa, Baa Black Sheep
Satu, Dua, Tiga
W.A. Mozart
Pa Kasur

Dalam penelitian, musik ini juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak terutama sel dendrit dan akson yang berperan sebagai penghubung antarsel dalam otak. Asal tahu saja, semakin banyak jumlah dendrit dan akson yang dimiliki anak, kemampuan anak untuk menangkap pesan, memahami makna, dan mengambil keputusan menjadi lebih cepat. Anak-anak yang cepat tanggap bisa digolongkan sebagai anak cerdas. Sungsang Idem Idem Ada bebrapa pasien yang setelah disengarkan musik ini, posisi bayi yang sungsang bisa kembali normal. Dalam beberapa kasus, meski posisinya tetap sunsang, si ibu tetap bisa melahirkan dengan lancar dan normal, tanpa ada hambatan atau kesulitan apa-apa. Efek musik ini bisa merelaksasi otot-otot tubuh, hingga memperlancar persalinan juga membuat bayi mengubah posisi karena stimulasi bunyi tadi.

Aktif
1.Konser Seruling
2.Prelude to Rosamunde

1.W.A. Mozart

2.Franz Schubert

Musik-musik ini dapat meredakan kegelisahan atau ketegangan yang dialami janin. Memang, saat pertama kali musik ini diperdengarkan gerakan bayi justru akan bertambah aktif tapi tak lama setelah itu, ia pun akan kembali tenang. Saat bayi terasa aktif menedang-nendang, maka musik ini bisa menenagkannya.

Bayi baru lahir s/d dua minggu Normal
Andante dari Symphoni No. 25 in G Minor (K. 183)
Andante Sostenute dari Violin Sonata in C. Mayor (K. 926)
Lagu-lagu bisa dikembangkan oleh orang tua dengan membuat kata-kata yang sesuai dengan keinginan Anda untuk mengiri melodi-melodi di atas


W.A. Mozart

Musik ini jika diputar saat si kecil lahir, akan mampu menambah kepercayaan diri anak. Hal ini sangat baik terhadap pembentukan kepribadian yang percaya diri baik terhadap dunia luar. Musik Mozart ini merupakan musik yang sengaja mengajak Anda bicara bernyanyi, dan bersajak. Saat musik diputar, dekaplah si kecil erat-erat. Musik dari salah satu simfoni dari Mozart tidak akan terasa asing bagi bayi jika Anda telah memperdengarkannya sejak ia dalam kandungan.


Bayi 2 minggu-1 tahun Normal

Minuet dari The Toy Simphony Leopold Mozart (ayah dari W.A. Mozart) Komposisi musik ini sangatlah riang hingga bisa membuat bayi nyaman dan gembira. Lagu ini dibuat beberapa bulan sebelum Mozart lahir. Musik ini merupakan perpaduan bunyi seperti kicau burung dan bunyi lonceng yang menghasilkan nada ceria. Ikuti nada nyanyian ini dengan cara bermain bersama anak seperti bermain ciluk ba Lagu permainan ABC Lagu-lagu ciptaan Ibu Sud, Pak Kasur, dan A.T. Mahmud yang bernada ceria Komposisinya yang ceria baik sekali untuk anak usia ini saat melewati masa-masa bermain yang menyenangkan. Dengan nada ceria, anak pun akan terdorong untuk aktif bergerak dan berjoget. Hal ini sangat baik untuk melatih perkembangan motorik anak.


Anak 1-3 tahun Normal

1. Konser Harpa

2.Konser Piano No. 1 3.


Iberia

1.George Friedrich Handl

2.Frederich Chopin 3.Albeniz

Selain membuat anak kenal dengan dunia yang luas dalam hal ekspresi, emosi, dan sikap sejak dini, musik ini juga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makannya. Maklum saja, di usia ini anak biasanya sulit makan. Musik yang tenang dan lembut diharapkan bisa meningkatkan selera makan anak, disamping mengatasi penyebab sulit makan lainnya.

Symphoni No. 3

Konser Piano

L.V. Beethoven

L.V. Beethoven

Musik ini untuk merangsang kreativitas dan motorik anak. Terlebih di usia ini anak sangat senang bereklsplorasi dan sedang belajar melatih kecakapan motoriknya, seperti lancar saat berjalan, berlari, melompat, dan lain-lain.

Anak Pra sekolah (4-5 tahun) Normal
Rondo ala Turk (k.331) W.A. Mozart

Rondo yang terkenal ini efeknya bagus sekali jika disertai aksi tepuk tangan serta mengiringi anak menari dan berayun. Lagunya benar-benar ceria, sehingga selain bisa membuatnya gembira, musik ini juga sangat baik untuk pertumbuhan jasmani dan rohani. Hal ini jelas sangat baik untuk mengasah fisik dan psikis anak. The Magic Flute W.A. Mozart Bantu anak Anda menghayati musik ini dengan mengajaknya membayangkan diri sedang memainkan sebuah seruling ajaib sambil melompat-lompat, menari, dan meliuk-liuk. Hal ini bisa menunjukkan keindahan dan keajaiban musik Mozart kepada anak yang sangat baik untuk melatih imajinasinya. Kelak, anak bisa kreatif dan inovatif hingga bisa menciptakan produk-produk dan ide-ide baru. Carmen Nocturne in E flat Major Bizet Fredric Chopin Bisa mengasah kreativiatas anak, sebab alunan lagu yang mengalun lembut ini akan membuat anak gemar berfantasi sehingga daya kreatifnya akan meningkat.

Ouverture Egmont

Symphoni no. 2

Konser Piano no. 3

Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven

Sergei Rachmaninov

Di usia ini, emosi anak juga sering dilampiaskan secara berlebihan (temper tantrum). Untuk mengatasinya, bisa dengan memutar lagu-lagu ini. Dengan begitu, kestabilan emosinya akan terlatih dan kemarahannya tidak lagi meledak-ledak.

Anak usia 6-9 tahun Normal
Ave Verum Corpus

Sanctus

Quintet opus 163

W.A. Mozart

W.A. Mozart

F. Schubert

Bisa meningkatkan ketenangan hingga emosi anak tetap stabil. Ia pun bisa belajar dengan tenang dan nyaman.

Brandenburg Concerti

Sonatas

Johann Sebastian Bach

W.A. Mozart

Bisa meningkatkan konsentrasi saat belajar dan mengasah keterampilannya dalam berhitung, menulis, membaca dan keterampilan akademik lainnya. Kemampuannya untuk menghapal dan mengingat juga makin bertambah.

Symphoni no. 3

Konser piano no. 5

L.v. Beethoven

L.v. Beethoven

Di usia ini anak mulai berinteraksi dan bergaul dengan teman-temannya. Dengan musik ini, anak akan dirangsang untuk tidak canggung saat berinteraksi. Hasilnya, kemampuan sosialisasi anak akan semakin terasah dan meningkat.

Usia 9-12 tahun Normal
Trio Piano

Water Music

Franz Joseph Haydn

Goerge Friedrich Handl

Membuat jiwanya tenang, sehingga ia pun bisa belajar dengan tenang. Materi pelajaran yang melekat di memorinya akan meningkatkan prestasi akademisnya. Emosinya juga akan lebih stabil, sehingga ia bisa bersosialisasi dengan baik.

55 Sonata Harpsichord

Brandenburg Concerti

Sonatas

Domenico Scarlatti

Johann Sebastian

Bach W.A. Mozart

Bisa meningkatkan konsentrasi anak, sehingga kekuatan menghapal dan berhitungnya akan semakin terasah.

Nara sumber :
www.tabloid-nakita.com