EPILEPSI JARANG KAMBUH

Apakah anak berkebutuhan khusus bisa bermain musik?ya, mengapa tidak!!!
Modern Kawai Music School termasuk pelopor dalam membuka kelas khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Saat ini murid yang terdaftar sudah 80 orang, terdiri
atas berbagai usia. kebanyakan anak-anak umumnya merekan adalah penyandang tuna grahita ringan (dengan IQ berkisar antara 50 - 77), autisma, tunanetra, dan tuna rungu, "kata Erni Adi Astuti, penyelia terapis pada sekolah musik tersebut.

Kelas musik yang disebut intervensi musik bagi kebutuhan khusus mengunakan metode-metode dan media yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa-siswi secara khusus. Contoh, pada peserta yang hanya bisa membedakan warna, ya kami tidak mengunakan not balok atau not angka, tapi mengunakan warna. nantinya si anak bisa memainkan lagu dengan panduan not warna tadi. Metode ini bisa dikatakan sukses karena beberapa penderita down syndrome bisa menghasilkanmemainkan piano meski dengan prtitur sederhana. Musik ternyata membuat mereka lebih bersikap aktif dan komunikatif.

Menurut Erni apa yang dilakukan di Kawai bukan hanya terapi musik, tapi juga bermain musik tapi kami memberikan kegiatan yang fun. Kami ingin anak anak bisa bermain musik. Tiga alas musik yang sering dijadikan pilihan adalah drum organ/piano dan guzheng (kecapi china). Umumnya kami mengajari anak-anak dengan alat musik piano karena pemakaiannya relatif lebih mudah dengan megetukan jari. tapi dalam perkembangannya, nanti ada juga yang bermain gitar, biola, dan alat musik lainya. Lalu tidak jarang ditemukan anak anak kebutuhan khusus ini memiliki kemampuan bermusik yang baik sehingga mereka bisa ikut kelas reguler. Bisa ikut ujian kenaikan tingkat bahkan ikut konser juga.

Bedanya, anak berkebutuhan khusus tidak dianjurkan mendapat beban yang sama. buat mereka yang lebih penting adalah mengembangkan daya konsentrasi dan kemampuan motorik. Ada anak penderita epilepsi yang setelah belajar piano tidak lagi tergantung pada obat obatan dan frequensi kekambuhan berkurang. Itulah keajaiban musik