SARAN UNTUK ORANG TUA

· Musik untuk Bayi disarankan sederhana lebih cocok diajarkan pada anak-anak daripada musik dengan komposisi kompleks. Berawal dari yang sederhana, anak-anak semakin mampu mengapresiasi musik yang lebih kompleks

· Tak semua jenis musik memiliki manfaat. Musik yang terlalu keras pada bayi cenderung menurunkan ambang kepekaan alias menimbulkan emosi. Seseorang yang terbiasa dengan musik keras ketika diberi diberi stimulus musik yang lembut kemungkinan emosinya tidak lagi dapat tergugah. Bayi atau anak baru dapat merasakan gugahan emosi jika mendapat stimulus musik dengan guncangan emosi yang kuat. Melemahnya sensivitas emosi ini merupakan bentuk ketumpulan emosi.

· Untuk bayi gunakan prinsip kondisioning atau membiasakan anak memanfaatkan musik dalam beraktivitas misalnya menari.

· Buka kemungkinan untuk menjadi benda apa saja sebagai alat musik, ketergantungan pada muaik konvensional bisa saja malah membutukan kreativitasnya.

· Musik tidak dapat mengubah anak dari tak cerdas menjadi cerdas. Tetapi musik akan mengoptimalkan potensi kecerdasan yang sudah ada.

· Musik membantu mengoptimalkan fungsi individu, termasuk fungsi saraf. Akan tetapi kemampuan fungsi psikofisik individu dilandasi oleh factor keturunan dan bawaan. Rangsangan pengindraan hanya bersifat mengooptimalkan atau justru menghambat potensi (jika diberikan dengan cara dan porsi yang tidak tepat) yang pada dasarnya sudah ada.